Senin, 12 Maret 2012

Pengertian Khulafa' ar-Rasyidin

    Istilah Khulafa' ar-Rasyidin berasal dari bahasa Arab, terdiri dari kata Khulafa' dan ar-Rasyidin. Secara bahasa, kata Khulafa' adalah bentuk jamak dari kata Khalifah yang berarti "pengganti". Secara istilah, berarti "pemimpin". Sedangkan kata ar-Rasyidin berasal dari kata ar-Rasyid yang berarti "bijaksana" dan "cerdas" atau juga dapat diartikan "yang mendapat petunjuk dan mengikuti jalan yang benar".
    Dengan demikian, arti dari Khulafa' dan ar-Rasyidin secara harfiah adalah "para pengganti yang diberi petunjuk". Sedangkan secara istilah, kata Khulafa' ar-Rasyidin berarti "para pengganti Rasulullah SAW sebagai pemimpin umat dengan mengikuti petunjuk dan jalan yang benar dari Allah SWT dan rasul-Nya".
    Jelasnya, Khalifah itu bukan menggantikan tugas Nabi Muhammad SAW sebagai rasul, melainkan menggantikan tugas Nabi Muhammad sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan Islam.
    Perlu kamu ingat, bahwa selama hidupnya, para khalifah itu tidak menjuluki dirinya dengan gelar Khulafa' ar-Rasyidin. Orang-orang setelah merekalah yang memberi gelar dengan nama itu. Para Khalifah sendiri menjuluki diri mereka dengan istilah sederhana yaitu Khalifah Rasulullah SAW, yang berarti "pengganti Rasulullah SAW".



Sumber : Sejarah Kebudayaan Islam, penerbit erlangga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar